Page Nav

Breaking News:

latest

Pantai Pink Labuan Bajo

Ternyata Pantai Pink adalah salah satu pesona bahari Indonesia yang terdapat di beberapa tempat. Pantai ini unik karena warna pasir pantai...

Meskipun begitu, pantai pink Lombok bukanlah satu-satunya. Masih terdapat sekitar 6 lokasi lainnya yang juga memiliki spot wisata yang serupa. Nah, Labuan Bajo sebagai salah satu spot wisata bahari yang belakangan melambung juga memiliki Pantai Pink.

Pantai Pink Labuan Bajo

Pantai Pink Labuan Bajo berada di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju ke Lokasi, para wisatawan memang harus memanfaatkan beberapa moda transportasi. Karena keberadaannya di pulau yang dikelilingi oleh pantai-pantai.

Cara yang paling mudah untuk menuju Labuan Bajo adalah melalui Bali. Menggunakan pesawat berkapasitas 50 penumpang, para wisatawan bisa langsung mendarat di Bandar Udara Labuan Bajo. Dari Bandar Udara Labuan Bajo dilanjutkan menuju Pulau Komodo.

Pantai Pink Labuan Bajo, sumber ig destination_grid

Pantai Pink Labuan Bajo

Dengan memanfaatkan jasa sewa kapal Labuan Bajo, yaitu speed boat, para wisatawan diantarkan menuju Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo. Perjalanan menggunakan speed boat memakan waktu lebih sedikit dibandingkan dengan trekking.

Trekking menuju spot wisata ini lumayan menantang. Namun para wisatawan bisa sambil menikmati pemandangan sekitar dan melihat Komodo dari dekat. Perjalanan trekking memakan waktu sekitar 4 jam dengan melewati tebing-tebing karang dan hutan bakau.

Fakta Menarik Pantai Pink

Pantai Pink memang begitu fenomenal. Di negara-negara luar Indonesia sendiri, lokasi wisata sejenis ini menjadi suatu keunikan tersendiri. Nah, bagaimana keunikan Pantai Pink Labuan Bajo? Simak beberapa fakta menarik berikut ini.

1. Pasir Berwarna Pink

Karena pasir pantai yang berwarna pink, itu sebabnya pantai ini dikenal dengan nama “Pink Beach”. Warna pink adalah berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.

Pasir Pink, sumber ig zonawisata.id

Pasir Pink.

Warna pink tidak hanya di satu titik saja, namun sepanjang garis pantai di Pulau Komodo memiliki warna pasir yang pink kemerahan. Hal ini membuktikan bahwa di wilayah ini terdapat hewan Foraminifera dalam jumlah yang cukup banyak. Pencampuran antara koral merah dan pasir kristal putih lah yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

2. Ada berbagai koral dan spesies ikan

Saat wisatawan memilih snorkeling sebagai aktivitas utama berlibur di pantai ini, maka mereka akan dimanjakan dengan suguhan berbagai macam koral dan spesies ikan. Koral yang ada di bawah lautnya terdiri dari koral halus dan keras, juga warnanya yang berbagai macam. Selain koral, spesies ikan di tempat ini juga cukup kaya sehingga aktivitas snorkeling akan sangat menyenangkan.

Ada aturan untuk mengunjungi Pantai Pink, yaitu kapal tidak boleh mendekati bibir pantai. Hal tersebut bertujuan agar keadaan koral tetap baik. Warna air yang jernih membuat koral dan ikan terlihat meski pengunjung hanya berjalan beberapa meter sajar dari riak-riak pantai. Jadi saat tiba di dekat pulau, maka wisatawan akan menaiki perahu yang dihubungkan menggunakan tali.

3. Rumah bagi Komodo “Dragon”

Pantai Pink Labuan Bajo, sumber ig anmeut

Pantai Pink Labuan Bajo

Bagi anda yang baru berencana untuk mengunjungi pantai ini, jangan kaget jika nantinya akan bertemu dengan komodo dragon. Spesies reptil terbesar yang masih tersisa di dunia ini bisa ditemui karena memang pulau ini adalah habitat aslinya. Pastikan anda menjauh jika menemui komodo. Karena pulau tak berpenghuni, maka komodo akan menganggap anda sebagai musuh.

Komodo memiliki gerak yang lamban, namun ukurannya cukup besar dan juga bisa berenang dari satu pulau ke pulau yang lain. Sebaiknya, anda pergi ke pantai ini dengan seorang tur guide sehingga anda akan lebih aman.

4. Termasuk Pantai Pink Terindah di Dunia

Spot bahari dengan pasirnya berwarna merah muda termasuk dalam kategori unik, karena tidak semuanya memiliki pengaruh besar dari Foraminifera. Dari tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda, pantai di Pulau Komodo ini termasuk yang memberikan lansekap memuaskan. Perpaduan antara pantai pasir merah muda, air laut jernih dan langit biru tak dimiliki oleh spot sejenis lainnya.

5. Memiliki Bukit Sabana

Wilayah Flores dikenal dengan iklimnya yang kering, itu sebabnya banyak sabana yang bisa ditemukan d daerah ini, termasuk Pulau Komodo. Jika wisatawan ingin memiliki angle unik lainnya untuk berfoto, sebaiknya naik ke atas bukti sabana.

Pantai Pink Labuan Bajo, sumber ig livingforsun

Pantai Pink Labuan Bajo.

Dari atas bukit, para turis dapat melihat keindahan lokasi wisata ini, air laut yang biru dan juga barisan koral di bagian pesisirnya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat sekeliling pulau dari atas bukit yang tentu saja menakjubkan untuk dan sayang jika tidak diabadikan.

No comments